Tangerang – Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) mengikuti kegiatan sosialisasi sadar wisata di Gedung Cisadane, Kota Tangerang, pada 10 April 2018 lalu. Kegiatan tersebut dalam rangka menggali potensi pariwisata yang ada di Kota Tangerang.

Seperti diketahui, Pokdarwis merupakan sekelompok masyarakat yang tinggal di kawasan wisata. Pokdarwis dibentuk bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kepedulian terhadap lingkungannya yang dijadikan sebagai tempat wisata.

Selain itu, eksistensi Pokdarwis sangat penting untuk mengenalkan lingkungannya kepada para wisatawan.

Oleh karena itu, mereka pun diberikan pemahaman tentang sadar wisata untuk mengimplementasikan tugas, pokok dan fungsinya sebagai Pokdarwis.

Sejumlah narasumber kompeten juga didatangkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang, untuk mengisi materi sosialisasi dengan tema “Pengembangan sadar wisata dalam pembangunan kepariwisataan Indonesia”.

Kepala Dinas Disbudpar Kota Tangerang Rina Hernaningsih mengatakan, setiap pembangunan kepariwisataan membutuhkan dukungan dan keterlibatan seluruh pemangku kepentingan di bidang pariwisata.

“Masyarakat dengan SDM yang dimiliki baik berupa ciri khas tradisi dan budaya berperan sebagai tuan rumah (host) namun juga memiliki kesempatan sebagai pelaku pengembangan kepariwisataan sesuai kemampuan yang dimiliki,” ujarnya.

Menurutnya, masyarakat adalah salah satu unsur penting untuk bersama sama dengan Pemerintah Daerah, kalangan usaha, swasta bersinergi melaksanakan dan mendukung pembangunan pariwisata.

“Diharapkan masyarakat yang berada di destinasi wisata dapat membantu peningkatan potensi pariwisata yang pada akhirnya memberi awareness atau kesadaran untuk menciptakan sapta pesona pada objek wisata yang ada di Kota Tangerang,” ucapnya. (Sumber: Tangerangnews.com)

Share This