TANGERANG– Pemerintah Kota Tangerang, berupaya menarik pelancong dengan meluncurkan aplikasi e-Plesiran. Peluncuran aplikasi pada 16 Agustus 2017 itu, memperkenalkan Kota Tangerang sebagai kota layak wisata.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Tangerang Tabrani mengatakan wilayahnya sangat strategis dan kaya dengan aneka jenis potensi wisata, di antaranya wisata peninggalan sejarah, budaya, dan kuliner.

“Potensi sarana hiburan telah menjadikan Kota Tangerang sebagai penghubung kota yang layak dikunjungi,” katanya.

Selama ini, potensi wisata ini belum terinformasikan secara luas sehingga pariwisata Kota Tangerang belum optimal. Aplikasi kepariwisataan e-Plesiran merupakan bagian dari aplikasi Tangerang Live, portal aplikasi android Pemerintah Kota Tangerang, yang diluncurkan pada 17 Agustus 2016. E-Plesiran juga terintegrasi dengan Google Maps yang bisa diakses masyarakat luas.

E-plesiran sendiri selain berisi informasi pariwisata seperti objek wisata, kuliner dan hiburan, juga berisi informasi fasilitas yang ada di Kota Tangerang seperti masjid, bank, ATM, SPBU, kantor polisi, rumah sakit, dokter, sekolah, universitas, stasiun, terminal, agen travel.

Sebelum ada e-Plesiran, Tangerang Live memuat beberapa fitur aplikasi, seperti LIVE News, Layanan Aspirasi Kotak Saran Anda (LAKSA), Pencaker (Pencari Kerja), daftar harga bahan pokok di pasar, dan kumpulan berita tentang Kota Tangerang. Aplikasi e-Plesiran dapat diakses melalui Android. Selain untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Kota Tangerang, aplikasi e-Plesiran memperkaya fasilitas wisata pada Google Maps.

Sementara Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah dalam sambutannya pada acara launching aplikasi E-Plesiran yang di selenggarakan di Tangerang Live Room (TLR) mengungkapkan bahwa aplikasi E- Plesiran ini bisa menjadi panduan bagi wisatawan yang datang ke kota Tangerang untuk lebih mudah dalam mengexplore berbagai potensi wisata di kota Tangerang lengkap dengan informasi informasi tambahan yang dibutuhkan.

“Aplikasi E-Plesiran ini bisa jadi panduan dan acuan bagi wisatawan yang berkunjung ke kota Tangerang, karena di dalamnya banyak informasi tentang destinasi wisata kota Tangerang.” Ucap Arief ketika melaunching aplikasi E-Plesir di ruang Tangerang Live Room (TLR), Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Rabu pagi. Lebih lanjut Arief menyampaikan bahwa aplikasi terbaru ini telah terintegrasi dengan aplikasi Tangerang Live, sehingga masyarakat hanya perlu menginstal aplikasi atau mengupdate aplikasi Tangerang Live versi terbaru.

Selain itu, aplikasi E-Plesir juga terkoneksi dengan google sehingga setiap pengguna smartphone bisa menggunakan aplikasi ini dan tidak terbatas hanya masyarakat kota Tangerang saja. “Kita pinginnya tidak hanya masyarakat kota Tangerang, siapa saja yang mau ke Tangerang yang berkunjung ke Tangerang (bisa memanfaatkan aplikasi ini,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Arief juga menjelaskan bahwa aplikasi E-Plesiran tersebut juga merupakan bagian dari usaha Pemkot untuk memudahkan aksesibilitas masyarakat terhadap titik-titik wisata di Kota Tangerang. “Bagian dari kemudahan buat masyarakat kota Tangerang dan orang yang akan berkunjung ke Kota Tangerang,” jelasnya.

Melalui aplikasi tersebut,  pihaknya juga berharap bisa semakin mengoptimalkan potensi UMKM di Kota Tangerang. “Kedepan saya juga pingin ngelink kayak gojek sehingga masyarakat bisa order langsung,” imbuhnya.  (Sumber: kabar-banten.com)

Share This